Kecanduan Minuman Bersoda

Kecanduan Minuman Bersoda



Akhir-akhir ini minuman bersoda sudahlah menjadi gaya hidup untuk bersantai khususnya bagi kalangan muda. Atau Apakah Kamu termasuk ke dalam kelompok soda addict (penggila soda)?.

Tapi, tahukah Kamu telalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda mempunyai efek yang tidak baik khususnya bagi kesehatan kita. Konsumsi minuman bersoda yang berlebihan dapat menimbulkan kecanduan dari sisi psikologis walaupun minuman bersoda tidak mengandung zat adiktif.
Ada baiknya kamu mulai membatasi minuman bersoda, perlu Kamu ketahui minuman soda juga memiliki ancaman yang serius bagi kesehatan, antara lain :
1. Soda merupakan salah satu sumber utama kafein, sekaleng soda ukuran 12 ounce mengandung hingga 45 miligram kafein. Tapi dalam soda yang lebih kuat, jumlahnya bisa melebihi 100 miligram (mendekati kandungan kafein di dalam kopi). Biasanya jika Kita terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuat Kita Candu atau ketagihan. Efek negatif kafein juga lebih banyak, seperti insomnia, membuat jantung berdebar, tekanan darah rendah, dan lainnya.
2. Kandungan gula juga sangat banyak, sangat tidak baik untuk seseorang dalam tahap menjalankan diet karena gula malah dapat meningkatkan kegemukan. Selain gemuk, gula juga sebagai penyebab utama diabetes. Berdasarkan penelitian perempuan yang mengonsumsi soda lebih dari satu kaleng perhari memiliki risiko dua kali terkena diabetes tipe dua dalam jangka waktu 4 tahun kedepan,.
Minuman bersoda juga menimbulkan kerusakan pada gigi akibat gula yang ditawarkan, hal lainnya karena kandungan fosfat yang turut memperburuk kesehatan gigi dengan cara melarutkan kalsium. fosfat juga akan mengikis lapisan email gigi dengan menurunkan tingkat pH pada gigi.
Asam fosfat juga dikenal bisa menetralkan asam hidroklorik di lambung. Hal ini sangat merugikan karena tubuh memerlukan asam hidroklorik untuk membantu mencerna makanan dan penyerapan n
3. Salah satu kandungan minuman soda adalah asam fosfat yang dapat merusak kalsium pada tulang, dan pada akhirnya akan membuat tulang keropos.
Saat minum soda, gigi dan tulang akan melepaskan kalsium ke aliran darah untuk membantu menyeimbangkan asam fosfor yang dikandung soda. Selanjutnya, asam fosfor ini akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan kalsium yang telah  dilepaskan tulang dan gigi. Proses ini akan terus berlangsung setiap kali Anda minum soda, sehingga merampas persediaan kalsium tubuh dan memicu osteoporosis.
4. Kandungan seperti asam fosfat dan kefein bukan hanya segelintir penyumbang ancaman pada kesehatan, kandungan berbagai zat tambahan di dalamnya, termasuk penambah rasa, zat pewarna, zat tambahan asam, agen pembentuk busa, serta zat pengawet di dalamnya juga tidak baik bagi kesehatan. Minum  sekaleng soda saja sehari dinyatakan bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik hingga 48 persen. Sindrom metabolik merupakan serangkaian faktor risiko penyakit jantung dan diabetes.
Sebenarnya apa sih yang membuat Kamu kecanduan soda? Saat Kamu mengonsumsi soda bergula, kadar gula meningkt yang berarti juga terjadi peningkatan energi.
“Tapi karena gula sederhana seperti sukrosa dan glukosa dalam minuman ini digunakan tubuh dengan cepat, peningkatan tersebut akan diikuti dengan penurunan energi, yang akan membuat orang merasakan kelelahan dan perlu minum lagi.
Oleh karena itu, carilah Alternatif minuman pengganti minuman bersoda yang lebih memiliki manfaat, seperti :
1. Jus buah.
2. Susu tanpa lemak
3. Teh
4. Lemonade buatan sendiri
5. Kopi.
Namun intinya cobalah menahan diri, karena mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah kecil sekalipun tetap tidak bermanfaat untuk Kesehatan Kamu.
·                                     















No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top