Peringkat Tambang Emas Dunia, Freeport Ternyata Di Posisi …

Peringkat Tambang Emas Dunia, Freeport Ternyata Di Posisi …


Seperti yang telah diketahui bahwa, Indonesia merupakan salah satu negara dengan cadangan emas terbesar di dunia, yang tak lain yaitu di pulau Papua. Yaps, terkenal dengan sebutan Freeport yaitu sebuah perusahaan penghasil emas yang berada di Papua.
Freeport mempunyai tambang emas terbesar di dunia, dengan produksi di 2011 mencapai 1,44 juta ounce. Situs mengenai komoditas emas, Orobel merilis 10 tambang emas terbesar di dunia, yang mana ada tambang emas Papua di dalamnya. Berikut daftar tambang emas terbesar dunia.  
10.               Boddington, Australia
Boddington, Australia
Tambang terbuka yang berlokasi di Pert, Australia ini menghasilkan emas dan tembaga dari tahun 1987 hingga 2001. Penambangan di Poddington berlanjut pada 2010. Tambang yang dikelola oleh Newmont Mining ini punya simpanan emas 741.000 ounce sesuai produksi 2011.  
9.                  Kalgoorlie
Kalgoorlie
Masih di benua Australia, yaitu Kalgoorlie yang dioperatori Barrick Gold, Newmont Mining. Tambang yang memiliki panjang 3,8 km, luas 2 km dan kedalaman 400 meter ini merupakan yang terbesar di Australia, dan punya simpanan emas 750.000 ounce sesuai produksi di 2011.  
8.                  Lagunas Norte
Lagunas Norte
Tambang emas yang berada di Santiago de Chuco, Peru ini dikelola oleh Barrick Gold, dan punya simpanan emas 770.000 ounce. Tambang ini juga diperkirakan punya cadangan emas hingga 5,8 juta ounce. dan merupakan yang terbesar di Peru.    
7.                  Tau Tona
Tau Tona
Tambang emas yang terletak di Carletonville, Afrika Selatan yang dioperasikan oleh Anglogold Ashanti ini merupakan tambang emas bawah tanah dengan kedalaman hingga 3,9 km dan merupakan tambang emas bawah tanah paling dalam di dunia. Tambang ini menghasilkan 15 ton emas per tahun, salah satu yang paling menguntungkan di Afrika Selatan. Tambang ini dibangun Anglo American Corporation di 1957. Di 2011, tambang emas ini berproduksi 792.000 ounce.  
6.                  Vaal River
Vaal River
Tambang yang terletak di Klerksdorp Afrika Selatan ini juga dioperasikan AngloGold Ashanti. Di tahun 2011, produksi tambang emas ini mencapai 831.000 ounce.  
5.                  Veladero
Veladero
Tambang Veladero merupakan tambang emaas yang terletak di San Juan, Argentina yang termasuk pertambangan open pit. Tambang yang dioperasikan Barrick Gold ini mulai beroperasi di 2005. Cadangan emas di tambang ini diperkirakan mencapai 10 juta ounce, sementara produksi di 2011 mencapai 957.000 ounce.  
4.                  Goldstrike
Goldstrike
Tambang yang dioperasikan oleh Barrick Gold ini terletak di Eureka and Elko county, Nevada Amerika Serikat. Di 2011, tambang emas di Amerika Utara ini mencapai 1,08 juta ounce.  
3.                  Yanacocha
Yanacocha
Tambang yang dioperasikan oleh Newmont Mining, Buenaventura, Banque mondial ini terletak di Peru, dan punya produksi 1,29 juta ounce di tahun 2011.  
2.                  Cortez
Cortez
Di posisi runner up terdapat tambang emas yang berlokasi di Nevada Amerika Serikat. Tambang ini merupakan tambang terbesar kedua di dunia. Di tahun 2011, tambang emas ini memproduksi 1,42 juta ounce emas.  
1.                  Grasberg
Grasberg
 Di posisi pertama terdapat tambang emas Grasberg terletak di Papua, Indonesia. Tambang emas ini lebih dikenal dengan sebutan tambang emas Freeport, karena yang mengoperasikannya adalah perusahaan produsen emas, Freeport Mcmoran Copper and Gold, melalui usahanya PT Freeport Indonesia. Tambang Grasberg adalah tambang emas yang terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar dunia. Diperkirakan ada 2,8 miliar ton cadangan di dalamnya. Di 2011, Freeport memproduksi 1,444 juta ounce emas.   Bagaimana ? Sangat menarik bukan ? Betapa seharusnya kita bersyukur atas nikmat yang telah di limpahkan oleh Tuhan YME di negeri tercinta ini. Namun seribu sayang limpahan nikmat yang seharusnya bisa kita nikmati sendiri ini, saat ini masih dikuasai oleh negara lain. Semoga seluruh rakyat Indonesia termasuk mereka yang berkuasa di jajaran kursi pemerintahan semakin sadar bahwa potensi yang dimiliki negara ini sangatlah besar dan seharusnya bisa kita kelola sendiri agar bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan kaya akan sumber daya alam.







No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top